Thursday, October 8, 2009

Mengurus Klaim JHT di Jamsostek


http://www.jamsostek.co.id


Aku exciting sekali menuliskan tentang management pemerintah atau BUMN yang kian membaik dan diperbaiki tentunya,berawal dari memperpanjang passport yang tepat waktu dengan prosedur yang baik walaupun masih kurang rapi.

Beberapa waktu lalu aku mengurus klaim JHT(Jaminan Hari Tua) milikku yang jumlahnya lumayan banyak karena sudah aktif sejak 2004. Alasanku mengambil JHT dini karena aku sudah tidak bekerja di perusahaan peserta Jamsostek, aku bekerja di perusahaan asing. Saat itu aku mendatangi kantor Jamsostek dekat rumahku dan meminta formulir klaim JHT tersebut, jangan lupa bagi anda yang ingin meng-klaim JHT jangan lupa mempersiapkan syarat-syarat sebagai berikut agar klaim anda diproses lebih cepat dari yang dijanjikan :
1. Anda harus :
- Menjadi anggota Jamsostek baik aktif maupun non aktif (tidak membayar iuran bulanan) minimal 5 tahun. Waktu tunggu anda dari perusahaan terakhir minimal 1 bulan (dulu memang 6 bulan, tapi sekarang dipercepat). atau;
- Anda mengalami kecelakaan dan cacat permanen sehingga tidak berkerja lagi atau;
- Anda berusia di atas 55 Tahun dan sudah pensiun atau;
- Keluarga anda yang menjadi tenaga kerja sudah meninggal dunia;
Itu yang saya ingat, lebih jelas nya ada di formulir

2. Menyiapkan lampiran sebagai berikut:
- KTP : asli dan fotokopi (2 lembar) - Bisa juga di ganti dengan SIM
- KK : 2 lembar fotokopi
- Surat Pengalaman Kerja atau Keterangan Kerja dari Perusahaan peserta Jamsostek : asli dan fotokopi 2 lembar (jangan lupa lampirkan semua bila perusahaan yang mengikut sertakan anda dalam Jamsostek lebih dari 1 perusahaan)
- KPJ (Kartu Peserta Jamsotek) : Asli dan fotokopi 2 Lembar

3. Mengisi formulir dan Surat Pernyataan dengan materai 6.000 (jangan lupa siapkan materai)

Dan jangan lupa gaji terakhir yang di laporkan oleh perusahaan.

Setelah syarat-syarat tersebut dilengkapi serahkan semua pada petugas. Petugas akan memberitahukan bahwa klaim anda dapat di ambil dalam waktu satu minggu. Namun bila tidak ada masalah dalam dokumentasi atau prosedur lainnya, klaim dapat di ambil lebih cepat. Aku di telpon oleh Pihak Jamsostek DUA HARI setelah pengajuan klaimku.

Sekarang begitu mudah dan efesiennya kerja mereka, dan ini membuat aku semakin bangga dengan bangsa kita ini. Semoga ini dapat menjadi inspirasi dan contoh bagi instansi lain untuk mengubah prosedur-prosedurnya menjadi lebih mudah, transparan, dan efisien dengan tenaga kerja yang lebih profesional.

Di klaimnya budaya kita pun membuat nasionalisme bangsa kitapun semakin meningkat. Ayo dimulai dari diri sendiri, perbaiki diri dan kebiasaan. Biasakan diri dengan hal-hal yang baik.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...