Monday, April 27, 2009

Management Persepsi


Semua ini dimulai dari pemikiran semata, namun beradaptasi dengan logika. Saat mengingat saat melahirkan beberapa bulan yang lalu, saya masih merasa sedikit trauma dengan rasa sakitnya, nyeri sebelum melahirkan membuatku merinding bila membayangkannya kembali. Setelah beberapa bulan kemudian baru rasa sakit itu tak lagi menghantui meski tak hilang sepenuhnya.

Dan aku sadar bahwa ketakutan dan ketrauma-an yang kurasakan saat itu tidak sepenuhnya rasa sakit yang nyata karena lebih banyak dirasuki oleh persepsi bahwa melahirkan adalah sakit, pasti sakit, tidak mungkin tidak sakit dan hal-hal lain yang membuat kita mengukir kata "sakit" di benak kita. Dan persepsi itu pun juga diciptakan sugesti kita dengan sadar ataupun tidak sadar, yang jelas "negative thinking" saja yang ada.

Namun saya tersadarkan akan beberapa hal dalam hal ini menghalau pemikiran buruk tentang rasa sakit dan nyeri. Harus di akui bahwa melahirkan memang sakit, pada saat kontraksi maupun saat janin sudah mendorong dirinya untuk keluar, namun kadar rasa sakit itu sendiri adalah pengaruh dari daya pikir kita, jadi mengapa kita tidak berpikir saja bahwa rasa sakit itu alami dan tidak dalam kadar yang besar, sakit yang biasa seperti digigit semut mungkin. Dan lagi, sebaiknya dalam menghadapi saat kelahiran, yang terpenting adalah RELAX. Hal ini sangat membantu karena pada saat urat-urat atau bagian tubuh lain menegang, sakit akan lebih terasa dan muncul seketika, namun saat badan kita relax kita akan lebih bisa me-manage rasa sakit tersebut sesuai dengan persepsi kita.

Contohnya pada saat kaki kita "kram", apa yang akan terjadi pada saat kita berteriak-teriak panic karena kesakitan? Yang terjadi adalah kram yang muncul tidak akan cepat mereda malah akan menambah rasa sakitnya. Namun bila kita be cool alias relax dan menahan sedikit rasa sakitnya, maka rasa sakit tersebut akan segera pergi meski masih ada sisa-sisanya. Namun, ternyata menahan sedikit rasa sakit dan memantapkan persepsi bahwa sakit itu bisa diatasi dengan "relax" then it works!.
Try it…



picture by: http://muslimstory.files.wordpress.com

1 comment:

Vera Munikoti said...

Ough...

Ok, gud information. Will try it!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...