Saturday, February 7, 2009

Thankfull

Lagi lagi flu. Baru sekitar dua minggu yang lalu aku flu sekarang flu lagi, batuk juga malah. Kasian babyku yang masih minum ASI, takutnya dia juga ketularan. Tapi semoga saja tidak.

Udara disini akhir-akhir ini memang kurang bersahabat, ditambah lagi cuaca yang tidak mendukung. Panas tapi dingin, dingin tapi panas. Aku juga tidak tahu kenapa daya tahan tubuhku sedikit rapuh, mungkin karena anemia yang aku derita waktu itu. Ntah penyakit itu masih bersarang di tubuhku atau tidak, yang jelas aku sudah berusaha untuk makan makanan yang sehat, seimbang antara sayur dan daging, juga memperbanyak buah. Sepertinya memang banyak anak-anak yang sakit juga, maklumlah masih kemarau.

Aku sempat waktu itu menonton berita tentang banjir di ibukota, sementara di sini kemarau, disana malah banjir. Konon penyebabnya masih sama, karena di parit banyak sampah berjubel dan sanitasi yang kurang memadahi. Bahkan banjir kanal yang sudah beroperasi pun masih belum bisa mengatasi masalah banjir.

Sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi dari mulai diri sendiri, buanglah sampah pada tempatnya. Atau manfaatkan kembali limbah plastik dan kertas, mengkompos sampah dapur dll. Masalah ketidak sadaran masyarakat akan akibat membuang sampah sembarangan itulah yang jadi kendala. Itu juga yang menjadikan negara kita sebagai negara berkembang (bahasa halus untuk negara miskin) dari jaman dulu. Kapan majunya negara kita?.

Dilain tempat, ada banyak wilayah di negara kita yang kekurangan air seperti daerah Gunung Kidul yang ketinggiannya berada jauh di atas permukaan laut. Untungnya masyarakat disana banyak yang sudah berwira usaha. Pada suatu waktu di TransTV diliput tentang masyarakat Gunung Kidul yang mengembangkan ubi rambat alias TELO (dalam bahasa Jawa) menjadi berbagai macam makanan seperti Bolu, Es Krim, dll dalam situasi dimana mencari air itu susah.

Tuhan maha adil. Bersyukurlah bagi kita yang hidup serba enak, berkecukupan dan juga memiliki fasilitas yang memadahi. Aku bersyukur meski diberi sakit Flu dan batuk yang meski ringan namun menyiksa ini, aku bersyukur karena masih diberi tempat yang nyaman, jauh dari bencana alam (Semoga, Amien), jauh dari kekeringan, jauh dari kelaparan dan hal buruk lain. Aku bersyukur masih di beri hidup.

Terimakasih Tuhan...
Alhamdulillah!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...